Kapernaum News

Switch to desktop Register Login

Menjadi Teladan

temmy-l.b01Shalom, renungan kita pada hari ini berjudul Menjadi Teladan, disampaikan oleh Bapak Pdt. Temmy L Berhitoe, beliau adalah gembala GBI Jemaat Fatmawati, Jakarta Selatan. Ayat bacaan diambil dari 1 Timotius 4:1-16. Silahkan menyimak dan semoga menjadi berkat bagi semua jemaat dan pengunjung web yang dikasihi Tuhan.


Kehidupan anak-anak Tuhan di hari-hari terakhir ini, berada dalam keadaan yang serba sulit. Jangankan berbuat salah, berbuat benar pun dianggap salah. Terlebih dalam kita beribadah, ada aturan-aturan dan batasan-batasan yang selalu menghalangi kebebasan dalam kita beribadah. Tetapi apakah dengan keadaan yang demikian lalu kita putus asa, mengeluh dan termenung menunggu nasib?

Justru di zaman seperti sekarang inilah, kita harus tunjukkan kepada dunia, bahwa kita memiliki karakter Kristus, Tuhan kita. Rasul Paulus dalam suratnya kepada Timotius mengatakan: "Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar" (I Tim. 4:12-13).

Sungguh benar apa yang dikatakan Rasul Paulus. Sebab sekarang ini, orang dunia tidak bertanya kepada kita berapa kali kita berbakti kepada Tuhan, tetapi yang mereka ingin tahu ialah apa yang ada di dalam kita. Dan jika di dalam hidup ini kita tidak dapat menunjukkan, bahwa kita memiliki karakter Kristus; jika kita tidak bisa menunjukkan, bahwa kita adalah orang Kristen yang menjadi teladan dalam segala hal, bagaimana mungkin kita bisa memenangkan mereka untuk Tuhan?

Kita dituntut untuk menjadi teladan yang baik, dalam perkataan, dalam tingkah laku, dalam kasih, dalam kesetiaan dan dalam kesucian. Dan memang kita harus berbeda dengan orang dunia, karena kita adalah anak-anak terang. Kita adalah orang-orang pilihan Tuhan dan kita bukanlah orang-orang sembarangan.

Dengan demikian benarlah apa yang dikatakan Firman Tuhan: "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri" (I Petrus 2:9a). Walaupun demikian, Tuhan menuntut kita dengan satu tugas: "supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatanĀ  yang besar dari Dia" (ayat 9b).

Setiap kita harus menjadi saksi Kristus yang baik dan menjadi teladan dalam segala hal, supaya nama Tuhan dipermuliakan dan banyak orang datang kepada Tuhan. Marilah, jadikanlah hidup kita sebagai teladan yang memancarkan terang kasih Kristus.

Keteladanan bukan diukur dari apa yang dikatakan, tetapi apa yang dilakukan !

© GBI Kapernaum | Jl. Jend. Ahmad Yani Kav.65 Cempaka Putih Timur - Jakarta 10510

Top Desktop version